Kamis, 26 Maret 2015

Mimpi yang Akhirnya Menjadi Kenyataan Part 1

Hari Minggu, 15 Februari 2015 adalah hari paling membahagiakan dan tak terlupakan buat gue. Hari itu adalah hari dimana salah satu cita-cita gue semenjak SMP  bisa terwujud. gue kira, cita-cita tersebut bisa terwujud setelah bekerja, tapi nyatanya dan tak disangka-sangka terwujud ketika gue masih di bangku kuliah. Menginjakkan kaki di negara kebanggaan dan impian gue yaitu Jepang bukan lagi menjadi angan-angan semata karena pada hari itulah, semua menjadi kenyataan.

Berawal dari sebuah perasaan depresi, bingung, sedih dan putus asa terhadap hasil ujian nouryokushiken N3 yang gagal untuk ketiga kalinya dan nilai IPK yang semakin menurun, membuat gue tergerak untuk mencari motivasi agar bisa bangkit dan bertahan di dunia sastra jepang. 

“Bagaimana kalau aku ke Jepang aja ya? Siapa tau menemukan motivasi” pikir gue saat itu. 

Namun, gue ragu untuk merealisasikan ide itu karena bertentangan dengan cita-cita gue yang sebenarnya, yaitu pergi ke Jepang dengan usaha sendiri seperti beasiswa. Tetapi, melihat ketidakmampuan gue di ujian Noken N3, akhirnya gue memutuskan menyingkirkan cita-cita utama gue sejenak demi mendapatkan motivasi.

Setelah memantapkan hati, segeralah saya telpon nyokap untuk membicarakan ide ini.

 “kamu mau ke Jepang? Sama siapa? Mamah kan ga bisa cuti lagi jadi coba ajak teman kamu gih”, kata ibu.

 Lalu gue inget teman dekat di perkuliahan yang dulu sempet ngobrolin masalah ke Jepang gitu, Roro namanya. gue langsung menghubunginya dan berbincang tentang hal ini lewat telepon. Setelah dia menghubungi orang tuanya, ternyata dia bisa ke Jepang dan mendapatkan persetujuan juga dari orang tuanya. Setelah menerima berita baik tersebut, dengan segera gue nelpon nyokap untuk mengabarkan hal itu, dan pada akhirnya kita memutuskan untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk berangkat ke Jepang.

Tetapi, perjalanan untuk menggapai negara impian gue itu tidak semudah yang dipikirkan. Waktu yang kita miliki sejak memutuskan untuk pergi ke Jepang hingga tanggal  keberangkatan yang kita tentukan terbilang singkat banget. Terlebih lagi pada saat itu kita masih mengikuti Kuliah Kerja Nyata atau biasa disebut KKN dan baru bisa pulang ke rumah masing-masing yaitu 9 hari sebelum keberangkatan, sehingga kita ga bisa mempersiapkan kebutuhan untuk pembuatan visa Jepang.

Hari Jumat, tanggal 6 Februari 2015, akhirnya kita selesai KKN dan pulang ke rumah masing-masing. Segeralah kita mempersiapkan persyaratan pembuatan visa. Namun sayangnya kita kesulitan di bagian formulir untuk pengundang yang di jepang karena kita rencananya mau nginap di rumah lalat, teman yang lagi kuliah di sana. Jadi akhirnya kita memutuskan untuk mereservasi hotel dan langsung membatalkannya. Karena reservasi hotelnya dari online,ya gue terpaksa masukin tuh nomor kartu kredit nyokap untuk melengkapi reservasi. Ternyata hotel yang gue pilih kalau ngebatalin kena biaya 5% USD  jadinya gue kena amuk nyokap karena kecerobohan gue.

Ternyata ujian gue buat ke jepang belom kelar bro! Dua hari setelahnya, yaitu hari senin, gue sama nyokap pergi ke kedutaan Jepang yang di Jakarta buat nyerahin dokumen permohonan visa. Tapi, di hari itu Jakarta lagi hujan lebat plus angin kencang jadilah Jakarta banjir parah selama 2 sampe 3 hari gitu, termaksud akses jalan ke kedutaan jadinya nyokap memutuskan untuk kembali ke rumah. gara-gara kejadian ini membuat gue semakin ga yakin kalau bisa berangkat ke Jepang. Ditambah lagi hasil keputusan kedutaan yang bisa menolak permohonan visa dan kalau DITOLAK gue harus nunggu 6 bulan untuk pengajuan selanjutnya. GILE GA TUH?! YEKALI GUE RUGI DUIT PESAWAT KAN!! saking depresinya gue langsung line si roro,

"Ro, klo gue ga sempet ngajuin visa, lu berangkat sendiri ya..."
"yakali dis... nanti yang fotoin gue siape dong?"

hahahaha gelo juga si nih bocah tapi ya wajar sih mana berani dia sendirian ke jepang bahahaha.... XD

Tapi yaaaa gue tetep berusaha besoknya pergi ke kedutaan Jepang dan Alhamdulillah berhasil sampai di sana tanpa kendala apapun.


Setelah 4 hari pengerjaan visa FINALLY BRO permohonan visa gue sama si roro DITERIMA. Rasanya tuh lega plus senang banget apalagi liat wujud si visa nya mau ngakak wakakaka gue jadi lebih lebar pipinya hampoon lah.. Trus kita lanjut tuh ngurus akomodasi dari Tokyo ke Kyoto pake jasa Willerbus lewat online kan. Nah, yang ngurusin reservasi kan gue nih, entah kenapa gue waktu itu emang kaya diuji duit gitu ama Tuhan. gue ngereservasi double gitu gegara pas ngebatalin reservasi sebelum masukin rekening tuh gagal gitu. jadilah nyokap kena bayar lebih 30% dari biaya total karena ngecancel. abis dah tuh gue ama nyokap... tolol emang yak T_T

semua kejadian ga enak sebelum berangkat tuh kebayar sama pengalaman gue di jepang sih untungnya mah... akhirnya tanggal 15 Februari 2015 jam 11 malem dijadwalkan pesawat gue take off ke jepang. sebelum berangkat, biasalah check in dan embel-embelnya trus makan dulu kita berempat, gue, roro, bapake roro dan mamake. trus foto-foto dulu gitu. pas udh di ruangan sblm masuk pesawat, EH DELAY 2 JAM LAH! mantep bener kita ngejamur nungguin haha... tapi untungnya dari pihak maskapai ngasih makan malam hahaa mantap~ ya akhirnya udah jam 2 malem tgl 16 nih, kita TAKE OFF~~~ UYEAH! NIHON I'M COMING!!

cerita berlanjut ke part 2 yaaa~~~ 

*ps : foto di bawah ini adalah sedikit hint tentang apa yang gue mau ceritain di next part hahaha~*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar